BERITA
  • 25 Oktober 2019
  • 0 Komentar
  • 119 Kali Dilihat
Direktorat Metrologi Kemendag RI Sosialisasi & lakukan Penilaian di Pringsewu

PRINGSEWU - Direktorat Jenderal (Ditjen) Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga (PKTN) melalui Direktorat Metrologi Kementerian Perdagangan (DirMet Kemendag) melakukan penilaian Unit Metrologi Legal Kabupaten Pringsewu, Kamis (24-10-2019). Selama dua hari di Pringsewu, kegiatan penilaian tersebut bertujuan mengevaluasi kesiapan UML Kab Pringsewu untuk operasional. Selain kegiatan penilaian, petugas dari DirMet jg melakukan sosialisasi kepada masyarakat tentang kemetrolgian, antara lain tentang alat ukur takar timbang dan perlengkapannya yg wajib di tera dan tera ulang seperti SPBU, timbangan pasar, Timbangan elektronik dllnya. Kegiatan sosilaisasi diawali dengan acara dialog dan disiarkan langsung melalui Radio Pringsewu FM di kompleks Tempat Singgah Km 37 Pringsewu.


Saat acara dialog di Radio Pringsewu FM di komplek Rest Area Km 37 Pringsewu, Kamis (24/10/19), bersama Wakil Bupati Pringsewu Dr. H.Fauzi, S.E., M.Kom., Akt., C.A., C.M.A., dan Kadis Koperindag UKM Drs. Masykur. MM. dan TIM dari Direktorat Metrologi Hasan, Fitria Sari dan Yulianti mengatakan Direktorat Metrologi sebagai salah satu direktorat di Ditjen PKTN mempunyai tugas melaksanakan perumusan, pelaksanaan dan pengendalian kebijakan, penyusunan pedoman, norma, standar, prosedur, dan kriteria, serta pemberian bimbingan teknis dan evaluasi pelaksanaan kebijakan di bidang metrologi. Juga melakukan penyiapan evaluasi dan pelaporan di bidang analisa kemetrologian, kelembagaan dan penilaian kemetrologian, Alat Ukur, Takar, Timbang dan Perlengkapannya (UTTP), serta penegakan hukum dan bimbingan operasional kemetrologian.

jadi dengan dilakukan pemeriksaan dan penilaian dapat ditentukan apakah Kabupaten Pringsewu berhak melakukan operasional kemetrologian dengan dikeluarkannya surat Keputusan Pelayanan Tera dan Tera Ulang atau SK PTTU yang nantinya dengan mendapatkan surat tersebut barulah Metrologi Pringsewu dapat melakukan pelayanan tera dan Tera Ulang dipasar-pasar milik pemda ataupun masyarakat.


Sementara itu, sebelumnya, Wabup Pringsewu juga meminta semua OPD Pemkab Pringsewu dapat menjalin kerjasama dengan perguruan tinggi baik negeri maupun swasta, dalam rangka mendukung program di masing-masing OPD, guna percepatan pembangunan di Kabupaten Pringsewu. (@41/diskoperindag/setdkab.pringsewu)