BERITA
  • 24 November 2021
  • 0 Komentar
  • 66 Kali Dilihat
FESTIVAL KEMILAU TAPIS LAMPUNG TAHUN 2021

BANDAR LAMPUNG-Kepala Dinas Koperindag Bambang Suharmanu, S.Sos Mendampingi Bupati Pringsewu yang diwakilkan oleh Assisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Drs. Masykur, MM bersama Ketua Dekranasda Kabupaten Pringsewu Hj. Nurohmah beserta Pengerajin Tapis yang ada di Kabupaten Pringsewu .
Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi membuka Kegiatan Festival Kemilau Tapis Lampung Tahun 2021 yang digelar oleh Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Lampung bersama dengan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Lampung, di Hotel Sheraton, Rabu (24/11/2021).


Menurut Gubernur Arinal Djunaidi, Festival Tapis Lampung Tahun 2021 yang mengusung tema "Spirit of Tapis" mengandung arti bahwa melalui kegiatan festival ini, harapannya akan terbangun peluang pasar produk kain tapis dalam bentuk transformasi produk Tapis Lampung, dari produk budaya menjadi produk yang memiliki nilai ekonomi dan diharapkan dapat mendorong semangat kecintaan dan kebanggaan kepada salah satu warisan kearifan lokal masyarakat Lampung.
meski dalam suasana darurat kesehatan, menurut Gubernur Arinal, ekonomi Lampung tetap tumbuh dan tidak mengalami hambatan. Festival Kemilau Tapis Lampung juga dilaksanakan tidak hanya untuk menampilkan karya UMKM tapi juga untuk meyakinkan masyarakat bahwa sesungguhnya ekonomi Lampung terus mengalamipertumbuhan yang positif.


"Kita bangga melihat Presiden menggunakan kain Tapis Motif Tumpal, kita harus segera melakukan pendekatan agar masyarakat juga kita lebih tahu bahwa sesungguhnya pakaian adat Lampung itu juga untuk laki-lakinya yaitu motif tumpal," ujarnya Bapak Arinal.
Dalam kesempatan tersebut Gubernur Arinal juga memberikan apresiasi yang tinggi terhadap penyelenggaraan Festival Kemilau Tapis Lampung tahun 2021 sebagai bagian dari upaya yang dilakukan dalam rangka memberdayakan pengrajin tapis Lampung.
"Saya memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Ketua Dekranasda Provinsi Lampung dan jajarannya serta seluruh Dekranasda Kabupaten/Kota Se-Provinsi Lampung atas komitmen dan kerja keras serta membangun Sinergi dalam upaya mendorong daya saing UMKM pengrajin tapis kita ,"tutur Arinal.


Sementara itu menurut Ketua Dekranasda Provinsi Lampung Riana Sari Arinal kain tapis merupakan salah satu jenis kerajinan tradisional masyarakat Lampung yang menyelaraskan kehidupan, baik terhadap lingkungannya maupun sang pencipta alam semesta. Kain tapis dianggap sebagai kain yang memiliki makna simbolis yang sangat mendalam sebagai lambang kesucian dan wujud kepercayaan kepada sang pencipta alam.
"Zaman dahulu kain tapis dipakai hanya untuk kalangan eksklusif dan digunakan dalam upacara adat Lampung yaitu Lampung saibatin dan pepadun, namun seiring perkembangan zaman kain tapis telah berkembang menjadi fashion yang kreatif dan modern dan bernilai ekonomi tinggi.


Dalam kegiatan inipun ada bazar menyediakan berbagai macam jenis tapis yang ada di seluruh Kabupaten yang ada di Provinsi lampung yang diikuti oleh UMKM tapis di seluruh Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung, dan mengundang dari beberapa BUMN di Provinsi Lampung serta UMKM lainnya.(@diskoperindag/ipeh, Rabu, 24/11/2021/