BERITA
  • 04 Februari 2022
  • 0 Komentar
  • 91 Kali Dilihat
MONITORING HARGA MINYAK GORENG DI KABUPATEN PRINGSEWU

PRINGSEWU- Dinas Koperasi, UKM, Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Pringsewu bersama TNI,Polri, Kodim serta OPD Terkait, bekerjasama melakukan monitoring dan Evaluasi Pengawasan Minyak Goreng Satuan Harga di Ritel /Apindo Wilayah Kabupaten Pringsewu ke sejumlah ritel modern yang ada di Kecamatan Sukoharjo, Adiluwih dan Banyumas.(Kamis, 3 Februari 2022)


Dalam hal ini, tim monitoring mengecek langsung ketersediaan minyak goreng yang biasa diletakkan di rak khusus penempatan minyak goreng. Namun minyak goreng  sudah tidak tersedia lagi atau habis dibeli oleh masyarakat yang awalnya kesediaan minyak selalu ada.Tim Monitoring dan Evaluasi sudah mengecek di 3 ritel modern baik di indomaret maupun alfamart tetapi minyak goreng harga subsidi pemerintah atau minyak satu harga sudah habis, dan juga menyampaikan jika tidak ada penimbunan minyak goreng yang dilakukan pihak ritel modern yang didatangi oleh tim monitoring untuk memeriksa ke dalam gudang penyimpanan barang di tiga ritel tersebut.


Saat melihat digudang persediaan untuk minyak goreng benar-benar habis, artinya stok kosong dn tidak ada penimbunan yang dilakukan oleh pihak ritel juga tidak ada pemborongan pembelian dari masyarakat karena pihak ritel membatasi pembelian minyak goreng untuk setiap orang maksimal 2 liter. Hanya saja ada beberapa kendala di masing-masing ritel yang dikunjungi terkait ketersediaan minyak. Walaupun demikian setiap hari minyak yang distribusi dari Aprindo. Masyarakat tidak ada keluhan atas ketersediaan stok karena setiap 2 hingga 4 hari sekali dilakukan penambahan barang kepada ritel.

 

Masyarakat dihimbau agar tidak memborong minyak goreng yang ada di ritel-ritel modern. Selain itu, ia meminta kepada setiap ritel yang ada di Pringsewu untuk mengajukan penambahan kuota minyak goreng agar barang selalu tersedia, serta dapat dibeli oleh masyarakat khususnya minyak goreng sawit menyesuaikan dengan kondisi jumlah penduduk Kabupaten Pringsewu. Disarankan saat membeli membeli minyak goreng, mereka dianjurkan untuk menunjukan kartu keluarga (KK) hal ini dilakukan untuk memastikan tidak ada pemborongan oleh konsumen

Kepala Dinas Koperasi, UKM,Perdagangan dan Perindustrian Bambang Suharmanu,S.Sos yang juga turut ikut dalam monitoring mengingatkan kepada seluruh gerai ritel modern untuk terus menerapkan protokol kesehatan selama jam operasional agar tidak menimbulkan kasus baru covid-19.kami mengingatkan kepada semua ritel untuk mematuhi aturan pemerintah terkait penerapan minyak satu harga ini agar tidak terjadi keributan di masyarakat.
Turut Hadir Polres, Pringsewu, Kodim 0424 tgm, Dinas Kesehatan, Diskominfo,Pol PP, Bagian umum dan Para Camat Setempat beserta Staf Perdagangan Diskoperindag.(Pringsewu, 4 Februari 2022)