BERITA
  • 10 April 2021
  • 0 Komentar
  • 443 Kali Dilihat
SOSIALISASI PRA KOPERASI BERSAMA DENGAN PELUNCURAN APLIKASI PASAR BERJAYA DI KABUPATEN PRINGSEWU

 

Pringsewu- Aula Pekon Bumi Ratu Kecamatan Pagelaran, Kamis, 08/04/2021 Kepala Dinas Koperasi, UKM, perdagangan dan Perindustrian Bambang  Suharmanu, S.Sos, bersama Kepala Pekon Bumi Ratu Bapak Ismali dan Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Lampung Bidang Pemberdayaan Koperasi Ardha Ristiya, SE, membuka Sosialisasi Pra Koperasi, tanpa melupakan peraturan protokol Covid 19.

Acara ini merupakan Program Dinas Koperasi, UKM, Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Pringsewu tentang Sosialisasi Pra Koperasi, Sosialisasi ini bertujuan untuk Meningkatkan Pemahaman dan Pengetahuan Dasar Perkoperasian. Sosialisasi ini penting bagi para pelaku Koperasi, mengingat materi yang disajikan sangat berguna untuk mendirikan sebuah koperasi, seperti Pesryaratan Akta Pendirian, AD (Anggaran Dasar), ART(Anggaran Rumah Tangga), Bidang Usaha Koperasi, Keanggotaan Koperasi, dan Manajemen Koperasi itu sendiri. Yang sesuai dengan Asas Kekeluargaan yang tertuang di Udang-Undang Dasar 1945 Pasal 33 ayat 1, dan prinsip-prinsip Perkoprasian yang tertuang di Undang-undang No 25 tahun 1992 tentang  Perkoprasian. Dengan adanya sosialisasi ini diharapkan para peserta bisa menuju yang dari nya Pra Koperasi menjadi Koperasi yang berbadan hukum .

Tidak lupa dalam kegiatan ini, Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Lampung yang di wakili oleh Kabid Pemberdayaan Koperasi Ardha Ristiya, SE, Mensosialisasikan  Aplikasi Pasar Berjaya. “ Pasar Berjaya merupakan Aplikasi Digital yang dibuat untuk kebutuhan masyarakat dalam masa Pandemi Covid 19, agar tidak repot-repot ke pasar yang sangat berbahaya saat bertatap muka langsung dengan pedagang dan pembeli yang lain. Dalam hal ini Gubernur Lampung Arinal Djunaidi membuat aplikasi ini untuk membantu masyarakat dan para pedagan pasar agar tetap menggerakkan per ekonomian Lampung” Ujarnya. Aplikasi ini gratis dan dapat di unduh melalui playstore di gadget android.  

Tanggapan dari para peserta tentang sosialisasi Pasar Berjaya sangat disambut antusias. Hal ini dapat dilihat dari peserta yang tertarik untuk ikut serta berbelanja maupun berjualan, agar dapat menembus pemasaran luar daerah. Namun sangat disayangkan, aplikasi ini belum mencakup seluruh Kabupaten/Kota se-Lampung. Harapannya aplikasi ini dapat menjangkau di Kabupaten/Kota seluruh se-Provinsi Lampung.

Dalam Rangka Peningkatan Pemahaman dan Pengetahuan Perkoperasian serta Kapasitas dan Kopetensi SDM koperasi serta Sosialisasi Perluasan Akses Layanan Program Pasar Berjaya Kabupaten Pringsewu Tahun 2021 yang dihadiri oleh 8 Pekon , Umkm, dan KWT yang berada di Kecamatan Pageralan, turut hadir Pejabat Esselon III dan Asselon IV, PPKL dan Pendamping PK2UKM Kabupaten Pringsewu.(Pringsewu,10/04/2021-@Diskoperindagpsw/sitikos)